Sabtu, 03 Januari 2015

Tugas Semester 1 Psikologi Komunikasi (Observasi Tayangan Media)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

      Mengobservasi tayangan media merupakan salah satu bagian dari kegiatan praktikum yang berhubungan dengan mata kuliah Psikologi Komunikasi, Program Keahlian Komunikasi, Diploma Institut Pertanian Bogor. Mengobservasi dimaksudkan agar mahasiswa memahami kesesuaian /ketidaksesuaian perkembangan psikologis manusia dalam tayangan media.

      Perkembangan psikologis manusia, manusia secara kronologis akan selalu melalui fase kehidupan dari sejak berada di dalam janin. Lahir dan meninggal dunia. Fase-fase perkembangan psikologis manusia dibagi menjadi 4 periode, yaitu :
1.      Periode Bayi
2.      Periode Kanak-kanak
3.      Periode Remaja
4.      Periode Dewasa

1.2  Tujuan

      Mengobservasi tayangan media yang berhubungan dengan perkembangan psikologis manusia bertujuan untuk melihat kesesuaian/ketidaksesuaian tayangan media acara TV dewasa “Mata Lelaki” dengan perkembangan manusia, mengetahui bagaimana seharusnya/apa yang perlu ditambahkan dari sebuah acara sesuai dengan teori perkembangan psikologis manusia.

BAB II
LAPORAN HASIL OBSERVASI

1.1  Nama Acara
        Mata lelaki adalah sebuah program dewasa, yang tayang setiap hari Selasa pukul 00.15. Ini adalah sebuah persepsi sebagian laki-laki, mengenai segala hal yang menjadi trend, segala hal yang ada disekitar laki-laki, dan segala hal tentang wanita. Sebuah persepsi tentang keseksian seorang wanita, dan segala hal yang mengelilinginya. Persepsi ini akan diambil dari data riset, yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga, dan mudah diakses oleh banyak orang.

        Hasil akhir dari program ini adalah bagaimana laki-laki menghargai sekitarnya, menghargai wanita, dan menghargai dirinya sendiri. Ini adalah bagaimana laki-laki memandang wanita. Perangkat dari sebuah mitos, yang kemudian dicari data risetnya, dan diambil kesimpulan akhirnya. Mata lelaki akan selalu memberikan closing statement sebagau kesimpulan pada akhir tema.

1.2  Stasiun Televisi
        Mata lelaki tayang distasiun televise Trans7 setiap hari.

1.3  Jam Tayang
        Mata lelaki tayang setiap hari pukul 00.15 WIB.

1.4  Sasaran
        Sasaran dari tayangan media acara TV “Mata Lelaki” adalah dewasa. Dewasa merupakan periode rentang usia terpanjang dalam sejarah perkembangan kehidupan manusia, yakni dimulai sejak usia 18 tahun hingga meninggal. Namun, secara teoritik, fase ini kemudian diklasifikasikan dalam tiga sub periode, yakni dewasa awal, dewasa madya, dan dewasa akhir.
        Dewasa awal terletak pada rentang 18-40 tahun dengan kekhasan sebagai penyesuaian diri terhadap kehidupan dan harapan social yang baru serta ekspektasi/harapan lingkungan yang berbeda dengan masa sebelumnya.
        Dewasa madya sekitar 40-60 tahun, seseorang sesungguhnya tengah memasuki situasi yang ditakuti, mengingat secara fisik dan social perannya berkurang.

        Dewasa akhir, setelah lewat 60 tahun, biasanya orang akan mengalami kemunduran secara fisik dan psikis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar